Berikut ini beberapa fungsi Manajemen Perkantoran antara lain: 1. Perencanaan
Fungsi perencanaan atau planning dalam manajemen perkantoran yaitu
fungsi yang akan digunakan dalam menentukan tindakan untuk mencapai
hasil yang diinginkan. Jadi, dalam fungsi perencanaan ini manajer harus
memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber daya yang dimiliki.
2. Pengorganisasian
Fungsi pengorganisasian (Organizing) dalam manajemen perkantoran ini
dapat mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan
orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas yang sudah dibagi
tersebut.
Fungsi pengorganisasian dalam manajemen sangat penting karena: dapat
membantu mewujudkan struktur organisasi yang jelas; dapat
mendeskripsikan tugas setiap bidang atau bagian dalam organisasi secara
jelas; wewenang dan tanggung jawab dalam organisasi menjadi lebih jelas;
dapat memperlihatkan antar tugas setiap unit organisasi; dan sumber
daya manusia dan materil yang diperlukan dapat diketahui.
3. Pengarahan
Fungsi pengarahan (Commanding) dalam manajemen perkantoran merupakan
fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran,
perintah atau instruksi pada bawahan dalam menjalankan tugas, agar
tugas dapat dijalankan dengan baik dan tertuju pada tujuan yang telah
ditetapkan sejak awal.
4. Pengawasan
Fungsi pengawasan (Controling) dalam manajemen perkantoran sangat
diperlukan untuk menjaga agar semua kegiatan dan efektivitas penggunaan
sumber daya yang ada tidak menyimpang dari rencana sehingga tujuan
organisasi dapat terwujud.
0 Komentar
HENTIKAN PEMBERITAAN HOAX